18 Jun 2013

Dua Jembatan Timbang Sudah Beroperasi Sejak Tahun 2010

Kepala UPT Jembatan Timbang Dinas Perhubungan Provinsi Bali I Wayan Ariana diruang kerjanya hari kamis (21/3) mengatakan tugas dan fungsi jembatan timbang sesuai UU RI No. 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan Pasal 169 dan pasal 170, tugas dan fungsi Jembatan Timbang adalah melaksanakan pengawasan,pembinaan,pendataan jenis barang yang diangkut,berat angkutan dan asal tujuan.
Kepala Jembatan Timbang mengungkapkan dari empat Jembatan Timbang yang ada hanya dua yang beroperasi : Jembatan Timbang di Cekik, Jembatan Timbang Sririt, Beliau menegaskan dua Jembatan Timbang ini sempat ditutup selama beberapa tahun namun pada bulan November 2010 kembali difungsikan dan UPTnya baru dibentuk Januari 2012 dan kembali melakukan fungsi dan tugasnya selama 24 jam sedangkan Jembatan Timbang yang ada di Desa Bungkulan, Singaraja dan Jembatan Timbang yang ada di Batu Bulan Gianyar tidak beroperasi.
Adapun alasan dioperasikannya kembali dua Jembatan Timbang tersebut dikarenakan kendaraan muatan barang di Bali begitu banyak sehingga perlu pengawasan, pembinaan, agar tidak memuat barang melebihi tonase atau ketentuan yang berlaku.
Apabila angkutan muatan barang melebihi dari ketentuan yang ada maka akan berimbas kepada lebih cepatnya ruas-ruas jalan yang dilalui sehingga jalan cepat rusak disamping akan menimbulkan kemacetan karena jalannya kendaraan lamban.
Sementara ini kedua Jembatan Timbang yang sudah beroperasi belum lengkap sehingga berpengaruh terhadap pelaksanaan tugas dilapangan. Seharusnya Jembatan Timbang dilengkapi dengan penyimpanan barang, sehingga kalau ada kendaraan yang memuat/membawa barang melebihi tonase, barangnya tidak bisa diturunkan.
Apabila ada pelanggaran pihaknya akan di tilang dan langsung diproses dipengadilan. Selama ini memang kami belum melakukan penyitaan dan membiarkan barang itu tetap dibawa karena takut resiko yang akan ditimbulkan (barang rusak lebih tinggi). Kami berjanji kedepan akan lebih menyempurnakan fasilitas Jembatan Timbang dengan diimbangi SDM yang lebih baik.
 
Denpasar, 21 Maret 2013
Pranata Humas, Dinas Perhubungan, Informasi dan Komunikasi Provinsi Bali  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar